Random Post

SISTEM KOMPUTER

Posted by

SISTEM – INPUT – PROSES  -- OUTPUT
By : Rizki Firlie



Sistem, fungsi, dan struktur masukan
    A.    Struktur & fungsi computer
Fungsi computer di defenisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur diatas sebagai berikut:
Input device (alat masukan) adalah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah di dalam computer.
Output device (alat keluaran) adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),soft copy(ke monitor) ataupun berupa suara. (Rajajek, 2016)
    B.    Teknik input-output

1  .        I/O Terprogram
CPU langsung mengendalikan operasi I/O secara keseluruhan dengan menjalankan serangkaian instruksi I/O dengan program tertentu.
2 .      I/O Interupsi
CPU akan bereaksi ketika suatu piranti mengeluarkan permintaan untuk pelayanan.
3 .      Direct Memory Access
DMA meliputi modul2 tambahan pada sistem bus. Modul DMA mampu menirukan CPU dan mengambil alih kontrol sistem dari CPU. Metode transfer data secara langsung antara memori dan piranti dan pengendalian CPU. Hanya dapat dilakukan pada piranti I/O berkecepatan tinggi dan mampu mentransfer data besar dalam waktu singkat. (Dohan, 2016)

     C.      Perangkat Pemroses

CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.
1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut  dengan main memory.
2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam computer
3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. (Nst, 2016)
     D.     Sistem, fungsi, dan struktur keluaran
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, (Yanto, 2016)
     E.      Modul Input Output (I/O) terprogram (PPI)
Merupakan peralatan antarmuka (interface) bagi sistem bus atau switch sentral dan mengontrol satu atau lebih perangkat peripheral. Tidak hanya sekedar modul penghubung, tetapi sebuah piranti yang berisi logika dalam melakukan fungsi komunikasi antara peripheral dan bus computer.PPI sikngkatan dari Programmable periperal interface. (NafridaNuraini, 2016)
Programmable Peripheral Interface Intel 8255A
·         Menggunakan I/O terprogram
·         Interrupt driven I/O
·         Dirancang untuk keperluan mikroprosesor 8086


Download lewat Google Drvie


Name : M. Rizki Firliana
Hobby : Basket
BirthDay : Blitar, 27 Juli 1999
Motto : "Play Hard Work Hard"
Study in :
SMK 1 ISLAM BLITAR
Grade Of Axioo Class Program




Blog, Updated at: 19.52.00

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About

JOIN OUR SCHOOL!

Sports