Random Post

Peripheral Input Output Storage

Posted by

Perangkat  Eksternal/Peripheral
BY : M. Rizki Firliana
Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal.
    1.      Peripheral utama, yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita megoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama, contohnya: mouse, keyboard dan monitor.
   2.   Peripheral Pendukung, yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer, contohnya: printer, scaner, modem, dan lain-lain

    A.    Peripheral Input  adalah hardware tambahan yang menjadi sarana pendukung pemasukan data ke komputer.

1.   Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.  
2.     Mouse berfungsi  untuk memindahkan pointer atau kursor.
3.     Touch pad berfungsi sebagai pengganti mouse pada laptop/notebook.
4.    Barcode berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
5.  Scanner berfungsi untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer yang hasilnya akan ditampilkan di komputer.
6.   Webcam berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengolah pesan cepat seperti chat melaui video atau bertatap muka melalui video secara langsung.

   B.     Peripheral Output adalah hardware tambahan yang menjadi sarana pendukung keluaran data dari komputer.
Contoh ;
1.      Monitor berfungsi  untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
2.      Printer berfungsi untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.
3.   Plotter berfungsi untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.(IT, 2016)



Artikel Lengkap Bagian 2


Blog, Updated at: 10.53.00

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About

JOIN OUR SCHOOL!

Sports