Random Post

Jenis Jenis Perangkat Lunak Komputer Server

Posted by

Macam Macam Perangkat Lunak Komputer Server
By : M. Rizki Firliana


     1.        Web server       : server yang berfungsi untuk menyediakan file-file didalam web nya untuk diakses orang lain berupa text, informasi, gambar, atau yang lainnya.
\
     2.     DNS       : server yang berfungsi untuk menerjemahkan IP Address ke sebuah nama alamat dan sebaliknya dari nama alamat ke IP Address.

    3.       FTP        : suatu server yang menyediakan layanan pengaksesan file dengan format seperti pada DOS.

    4.      Mail server        : server  yang menyimpan dan bertugas untuk menghubungkan antara pengguna mail satu dengan pengguna mail yang lainnya

    5.       Samba Server  : implementasi dari protokol SMB (Server Message Block) pada sistem UNIX.

    6.      Proxy Server                    : menyediakan layanan untuk menerima permintaa akses data dari client lalu meneruskannya ke alamat yang dituju, kemudian menyimpan data dari alamat tersebut.

    7.       DHCP    : server yang berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada client berupa ip jadi client tidak perlu mengeset ip secara manual.

    8.      File server                          : sebuah sistem komputer yang bertugas sebagai pusat penyimpanan dan pengelolaan data file sehingga komputer lain di jaringan yang sama dapat mengakses file dan memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi melalui jaringan tanpa harus menggunakan storage lagi.

    9.      Database server              : sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server.

    10.    Wide Area Information Server                                : sebuah sistem pencarian dan pembukaan dokumen di Internet yang berbasis sistem operasi UNIX.

    11.     Terminal server              : fasilitas yang dapat di gunakan untuk memanfaatkan hardware dengan kemampuan rendah (lama) agar dapat menjalankan aplikasi terbaru.

    12.    NPN       : koneksi yang aman antara 2 bagian dari sebuah jaringan pribadi yang digunakan pada sebuah jaringan publik seperti internet untuk mengurangi biaya operasilonal.

    13.    IRCD ( Internet Relay Chat Development ) : Software yang dikembangkan untuk keperluan komunikasi antar komputer yang terhubung ke internet

    14.    PHP Server Monitor      : Script yang memeriksa apakah server pada daftar dan berjalan pada port yang dipilih.

    15.    POP3 ( Post Office Protocol version 3 )                                 : Protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail dari e-mail ke server

    16.    SNMP ( Simple Network Management Protocol )         : Protocol yang dapat digunakan untuk melakukan management jaringan

    17.    SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol )                              : Protocol untuk mengirimkan data dari komputer pengirim e-mail ke server e-mail penerima.

    18.    Printer Server                  : untuk kebutuhan sharing printer dalam jaringan maka kita membutuhkan aplikasi printer jaringan/printer server supaya semua client bisa mengakses printer melalui web browser. Aplikasi yang digunakan ialah CUPS.

     19.    Samba Server : ialah sebuah interkoneksi untuk sharing data untuk semua client antara windows dengan server kita. Aplikasi yang digunakan ialah Samba Server.

     20.   Firewall               : berguna membatasi koneksi/pengaturan hak akses client dalam koneksi ke server supaya server kita tetap aman dari hacker (peretas). Aplikasi yang dapat digunakan adalah Shorewall dan IP Tables.

      21.    Virtualisasi Server         : berguna sebagai monitoring dan pemantauan jaringan yang terhubung ke server. Kita di sini menggunakn Xen-server.

      22.   SSH server         : merupakan teknik pemantauan/peremotan server tanpa menyentuh server aslinya dengan demikian server tetap secure. Aplikasinya SSH (secure shell) dan remotnya yaitu putty.

      23.   HTTPS                  : pengamanan web server dengan mengganti protokol web biasa http menjadi https/secure web dengan HTTPSD, SSL.

      24.   MySQL                 : merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (bahasa inggris : data management system

      25.   Oracle                  : relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.

      26.   Microsoft Access            : sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.

      27.   VPN                       : jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.

      28.   NTP Server        : sebuah protokol untuk meng sinkronkan sistem waktu pada komputer terhadap sumber yang akurat melalui jaringan intranet atau internet.

      29.   Apache tomcat                : sebuah open source web server yang di kembangkan olehApache Sofware Fondation (ASF).

     30.   IIS           : sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003.

     31.    Nginx   : server HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3

    32.   Dekstop paradox              : program terpisah yang langsung terdapat pada Borland Delphi.

    33.   Wamp Server   : sebuah aplikasi yang dapat menjadikan komputer maupun laptop anda menjadi sebuah server atau bisa dikatakan server offline.

     34.   AMPPS                                 : aplikasi webserver ciptaan Softaculous dan bisa digunakan baik sebagai Webserver localhost ataupun di Onlinekan.

     35.   EasyPHP              : software antarmuka WAMP (Windows Apache MySql PhpMyAdmin) yang dapat menjalankan cms website berbasis sql di localhost windows (offline).

     36.   Zeus Web Server             : server web proprietary untuk Unix dan Unix.

     37.   Xitami                  : web server untuk beberapa sistem operasi, baik Windows 3.x, Windows 9x, Windows NT, OS/2, Digital OpenVMS, serta UNIX dan variannya.

     38.   Vsftpd                  : salah satu pilihan aplikasi untuk menjalankan FTP server.

     39.   WAMP                 : WAMP Adalah singkatan Dari Dari Windows dan komponen utama dari paket : Apache , MySQL dan PHP ( atau Perl atau Python ) .

     40.  SSH Server        : aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman.

Download MS. Word
        Google Drive       Media Fire


Blog, Updated at: 02.36.00

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About

JOIN OUR SCHOOL!

Sports